Pertolongan Pertama Penderita Stroke Secara Efektif

Pertolongan Pertama Penderita Stroke – Seringkali serangan stroke terjadi secara mendadak, akibatnya banyak orang yang merasa panik dan bingung saat terjadi serangan stroke pada orang yang kita kenal. Inilah yang membuat pertolongan pertama stroke sangat penting untuk kita ketahui.

Pertolongan Pertama Penderita Stroke

Pertolongan Pertama Penderita Stroke Secara Efektif

Stroke masih merupakan masalah utama di bidang neorologi maupun kesehatan pada umumnya. Untuk mengatasi masalah krusial ini, diperlukan strategi penanggulangan stroke yang mencakup aspek preventif, terapi rehabilitas, dan promotif.

Kebanyakan orang akan merasa panik pada saat anggota keluarganya terserang penyakit stroke, padahal pertolongan pertama pada detik-detik pertama setelah terjadinya stroke menentukan nasib penderitanya. Alasan itulah yang menjadikan sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara pertolongan pertama saat seseorang terkena stroke .

Perlu kita ketahui pada saat seseorang terkena serangan stroke seluruh darah di tubuh akan mengalir deras menuju pembuluh darah. Jika kondisi tersebut terjadi tanpa pertolongan atau terlambat dalam melakukan tindakan pertolongan maka pembuluh darah bisa pecah sebagai dari akibat dari tidak kuatnya menahan derasnya aliran darah yang menuju kepembuluh darah di otak.

Baca Juga : Cara Menghindari Serangan Stroke Di Usia Muda

Berikut pertolongan pertama yang bisa dilakukan :

  • Tetap tenang

Hal yang pertama kali anda laakukan ketika ada keluarga atau sodara anda terkena stroke yaitu harus tetap tenang. Jangan panik supaya dapat berpikir dengan jernih dalam memberikan pertolongan pertama. Perhatikan apakah ada gejala lanjutan seperti gejala gegerotak ringan. Jika dalam keadaan panik maka tentu akan sangat susah dalam memberikan pertolongan pertama.

  • Ajak Berkomunikasi

Hal yang bisa dilanjutkan selanjutnya adalah tetapn sadarkan penderita stroke, hal ini bertujuan agar gejala stroke tidak bertambah parah. Dengan mengajak penderita tetap berkomunikasi, maka penderita secara tidak langsung akan terpac untuk tetap sadar. Tingkat kedasaran penderita sangatlah penting, karena mambantu tetap memeperlancar suplai okigen ke otak. Jika penderita tidak sadarkan diri, bisa jadi berakibat koma.

  • Jangan Di Pindahkan

Sebaiknya anda jangan gegabah dalam memindahkan penderita stroke. Karena jika terjadi kesalahan maka aibat yang akan ditimbulkan bisa bertamabah parah. Misalnya yaitu pendarahan otak akibat kecelakaan karena sreangan stroke bisa jadi melebar dan makin besar karena pergeseran posisi tubuh. oleh larena itu cukup dudukan penderita di tempat serangan stroke terjadi.

  • Tusuk ujung jari tangan

Pada saat terjadi serangan, pembuluh darah akan memompa seluruh darah dengan tekanan yang sangat tinggi ke otak. Oleh sebab itu cobalah untuk menusuk ujung jari tangan untuk emmperlambat laju peredaran darah. Sehingga saat laju peredaran darah melambat, maka tekanan darahpun bisa di atasi dan resiko komplikasi dapat dikurangi.

  • Tarik ujung telinga

Pertolongan pertama stroke dirumah 7yang bisa anda lakukan adalah dengan cara menarik ujung telinga penderita. Hal ini bertujuan agar otot wajah melemas sehingga peredaran darah ke otak akan kembali lancar. Hal ini juga dapat membantu pecahnya pembuluh darah karena peredaran darah yang lancar kembali.

  • Berikan obat pengencer darah

jika anda memiliki pemahanan mengenai pengobatan stroke ringan, segera berikan terapi obat yang sedang dijali penderita. Sehingga berikan obat pengencer darah sehingga kekentalan darah berkurang dan resiko pecah pembuluh darah bisa berkurang.

Atau bisa menggunakan obat Walatra G-sea Jelly Gamat, obat ini merupakan obat herbal yang mampu mengobati dan mencegah sekaligus mengatasi penyakit stroke.

  • Tidurkan

Langkah selanjutnya yaituu dengan melancarkan sistem pernafasan pada saat penderita terkena serangan stroke. Ambil sebuah bantal dan tidurkan penderita dengan kepala diatas bantal. Usahakan posisi kepala lebih tinggi dari posisi jantung. Hal ini bertujuam agar sisitem pernafasan penderita lebih lega dan otak tidak akan kekurangan oksigen. Besar kemungkinan penyumbatan pembuluh darah pada sat serangan stroke akan menghalangi suplai oksigen ke bagian tubuh termasuk lpada pernafasan.

Nah itulah Pertolongan Pertama Penderita Stroke yang bisa anda lakukan jika tiba-tiba orang disekitar anda terkena serangan stroke, sekali lagi pertolongan pertama yang anda lakukan akan menentukan nasib penderita stroke selanjutnya.

Demikianlah informasi mengenai Pertolongan Pertama Penderita Stroke. Untuk terhindar dari penyakit stroke anda bisa menjaga mola makan dan gaya hidup yang sehat. Sekian dan semoga bermanfaat.

post by :

obatstrokealami.gamatkapsulasli.com

1 Trackback / Pingback

  1. 6 Cara Menurunkan Resiko Stroke - OBAT STROKE RINGAN ALAMI DAN MANJUR

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*